Kamis, 13 Maret 2014

Menjadi Pribadi Elegan


Berpikir Baik

¨  Pikiran memiliki peran penting dalam aspek kehidupan manusia. Sebab, pikiran bisa mempengaruhi anggota tubuh pemikir.
¨  Allah telah mengabarkan bahwa Allah berbuat sesuai prasangka (pikiran) seorang hamba terhadapNya. Berarti melatih pikiran supaya menjadi baik itu amatlah penting bahkan wajib.

Hidup Sekarang

¨  Tidak ada hari kemarin dan tidak ada hari esok. Kita hidup sekarang, hari ini. Maka lakukanlah yang terbaik.
¨  Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wa Sallam mengajarkan kepada kita bahwa jika kita berada di waktu sore maka jangan menunggu waktu subuh, dan jika kita berada di waktu subuh maka jangan menunggu waktu sore.

Debu Pun Menjadi Gunung

¨  Orang yang suka meremehkan hal kecil, maka ia akan terhalang untuk melakukan hal besar. Siapa sangka bahwa gunung adalah butiran debu yang menumpuk. Maka jangan meremehkan hal kecil, tapi lakukan dan kerjakan dengan tekad yang besar!. Kelak kita akan tahu hasilnya.
¨  Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wa Sallam mengajarkan kepada kita bahwa janganlah ada diantara kita yang meremehkan kebaikan sekecil apa pun, termasuk tersenyum dihadapan sahabat atau saudara.
¨  Ingat baik-baik firman Allah; “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan walau sebesar biji dzarrah, maka ia akan melihat (hasilnya).” (Al Zalzalah : 7)

Hanya Sementara

¨  Dunia bersifat sementara dan apa yang ada didalamnya pun bersifat sementara. Ingat baik-baik!, bahwa kesedihan akan segera berakhir, kesulitan akan segera sirna, ketakutan akan segera berlalu, kehampaan akan segera lenyap. Lalu mengapa kita memanjangkannya..?!
¨  Allah selalu mengingatkan kita agar kita tidak terlalu larut dalam kehidupan dunia. Semua isi dunia adalah tipuan dan kesementaraan. Keabadian adalah apa yang akan ada setelahnya. Maka perbaikilah diri untuk meraih keabadian yang indah.

Seringkan Berdo’a

¨  Apa pun usaha yang dilakukan akan sia-sia jika kita tidak berdo’a. Do’a adalah penyempurna segala usaha. Maka berdo’alah agar Allah menguatkan kita.
¨  Do’a adalah ibadah. Semakin sering berdo’a, semakin kuatlah hubungan kita dengan Allah dan Allah pun akan semakin mencintai kita.
¨  Jangan pikirkan kapan dijawabnya do’a. tapi teruslah berdo’a!, adapun jawaban maka Allah tahu kapan waktunya.

Kuatkan Hubungan

¨  Setiap kita pasti memiliki hubungan husus dengan orang lain; sahabat, kekasih atau keluarga. Tapi ingat, sebaik apa pun hubungan kita dengan mereka maka akan menjadi percuma jika tidak diniatkan untuk ibadah.
¨  Baikkan hubungan kita dengan Allah agar Allah mengindahkan iman didalam hati kita. Lalu dengan iman, kita menjalin hubungan dengan sesama.

Segera Lakukan

¨  “Alon-alon asal kelakon”, sebagian orang bersikukuh menjadikan ungkapan ini sebagai motto hidup. Padahal itu salah, maka jangan ikutan!.
¨  Allah selalu memerintahkan hamba-hambaNya agar sentiasa bersegera dalam kebaikan dan itu banyak tertuang di dalam Al Qur’an.


Tidak ada komentar: