Kamis, 02 Desember 2010

Bacalah...!!!

 Bacaan yang baik

Membaca adalah hal yang sangat menyenangkan, juga memberi banyak manfa’at untuk kita. Apalagi kalau yang kita baca itu adalah buku-buku islami yang didalamnya itu terkandung nilai-nilai keimanan dan ketakwaan. Dan terlebih lagi yang kita baca itu adalah Al qur’an yang telah Allah anugrahkan untuk kita semua melalui Rasul_Nya; Nabi Muhammad saw. Dan Al qur’an adalah sebaik-baik bacaan, karena ia adalah petunjuk dan pedoman hidup untuk kita semua. So, Bacalah..!!!
            Bagi umat islam tentu kita tahu bahwa membaca itu adalah suatu keharusan, karena Allah swt berfirman; yang artinya : Bacalah, dengan menyebut nama Rabb-mu yang telah menciptakan. Yang menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Rabb-mu lah Yang Maha Mulia. Yang mengajarkan (manusia) dengan qalam. Q.S Al ‘Alaq : 1-5. so, kita sebagai makhluq yang telah diciptakan oleh Allah swt dituntut untuk membaca, terutama membaca Al qur’an dan buku-buku islami yang bisa menambahkan keimanan dan ketakwaan untuk kita semua.
            Kita ingat dong pastinya dengan ungkapan; “membaca adalah jendelanya dunia.” Nah,, kalau membaca itu adalah jendelanya dunia berarti kita bisa bebas melihat isi dunia. Tetapi kita tidak akan bisa merasakan indahnya dunia, kalau hanya berdiri dan memandang dunia dari balik jendela. Kita juga harus bisa mengaplikasikan setiap bacaan yang kita baca, demikian itu kenapa kita diharuskan untuk membaca???. karena dengan membaca kita menjadi tahu, lanjut dari tahu menjadi mengerti, lanjut dari mengerti menjadi faham, lanjut dari faham menjadi tindakan, lanjut dari tindakan menjadi kepribadian. Jadi, secara tidak langsung Al qur’an atau bacaan-bacaan yang kita baca itu akan membentuk suatu tindakan dalam diri kita, yang kemudian tindakan itu menjelma sebagai kepribadian diri.
            Kini, kita tinggal mencari bacaan yang baik. Agar bisa membentuk kepribadian yang baik juga. Dan kita semua sudah tahu tentunya, yakni; Al qur’an lah sebaik-baik bacaan yang bisa membentuk kepribadian diri yang luar biasa. Jadi bagaimana,,, mau??? Pasti kita semua mau dong,,, kalau begitu mari kita baca Al qur’an dan buku-buku yang didalamnya terkandung nuansa islami, dan buku-buku yang bisa menghantarkan kita menuju gerbang kehidupan. Come on…!!! ^_^
 
Ternyata Alam Semesta Juga Bacaan Loch!!!!
 
            Membaca adalah awal menuju pengetahuan, dan mengaplikasikannya adalah awal pengetahuan yang sesungguhnya. Jadi, walau bagaimana pun kita harus mengaplikasikan setiap bacan yang kita baca. Dan ternyata bacaan itu bukan hanya sekedar tulisan yang terangkum atau tercetak disetiap buku-buku. Akan tetapi, setiap hal yang kita pandang, khususnya pandangan mata adalah merupakan suatu bacaan; termasuk alam semesta beserta isinya.
            Alam semesta diciptakan adalah untuk tempat tinggal kita semua sebagai makhluq yang diberi kemampuan untuk mengelola dan menata alam semesta ini. Tapi, sebelum kita mengelola dan menatanya, tentu kita harus mengetahui apa-apa yang ada di alam semesta ini. Yaitu; dengan membacanya secara pandangan mata. Lalu kita artikan dengan fikiran dan perenungan hati kita dan kemudian kita tetapkan suatu keputusan terbaik yang bisa menghasilkan manfa’at untuk kelangsungan hidup kita di alam semesta ini.
            Mungkin kita masih belum mengerti dengan hal yang semacam ini, karena hal ini terlalu sulit bagi orang yang belum bisa membaca lingkungan hidupnya secara pandangan mata. Oleh karena itu kita harus belajar bagaimana caranya agar kita bisa membaca lingkungan hidup kita di alam semesta ini. Karena ada suatu ungkapan; “apa pun yang anda lihat, bacalah…” so, kita harus bisa membaca apa yang kita lihat di alam semesta ini. okey.

Tidak ada komentar: