Minggu, 29 April 2012

Allah memotivasi



            Bismillah,,,
          Sobat, tahukah anda bahwasanya, Allah subhanahu wa ta’ala telah memotivasi kita melalui al qur’anul karim. Allah berfirman : “Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam segala urusannya”. (at thalaq : 4). Namun ternyata, banyak diantara kita yang masih belum memahami dan mengerti akan motivasi yang telah Allah berikan kepada kita sebagai hamba_Nya yang beriman.
Motivasi Allah didalam alqur’an merupakan bentuk kasihsayang_Nya kepada kita semua hususnya kita sebagai hamba yang beriman. Dengan tujuan agar kita senantiasa mempunyai harapan tinggi dan semangat membara untuk terus melangkah maju dikala mendapati kesulitan-kesulitan atau dikala menghadapi berbagai rintangan didalam kehidupan ini. Akan tetapi, untuk meraih hal itu ada syaratnya yaitu TAKWA. Sebagaimana yang disebutkan diatas bahwa orang-orang yang bertakwa akan diberi kemudahan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dalam segala urusannya. Maka, hendaknya kita intropeksi diri terlebih dahulu sebelum kita melangkah menuju harapan yang kita inginkan yaitu menggapai cita-cita dan menjadi orang sukses. Sukses di dunia terlebih sukses di akhirat.
Karena syarat mutlaq kesuksesan bagi seorang muslim adalah baiknya hubungan antara dirinya dengan Allah subhanahu wa ta’ala. Yang mana dikala hubungan dirinya terjalin baik dengan Allah; yaitu dengan selalu menjalankan kewajiban yang diperintahkan Allah kepada dirinya dan juga menjauhi segala apapun yang dilarang oleh Allah atas dirinya. Maka kemudahan akan selalu ada menyertai hidupnya. Meski ia berada dalam kondisi yang tersulit sekalipun, ia tetap percaya bahwa tidak ada yang sulit di dunia ini jikalau Allah sudah menghendaki kemudahan. Allah berfirman : “sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan”. (al insyiroh : 5-6).
Sobat, maka wajiblah bagi kita sebagai seorang muslim meyakini akan hal itu, bahwa Allah selalu menghendaki kemudahan bagi kita, “Allah menghendaki kemudahan dan tidak menghendaki kesulitan bagi dirimu”. (al baqoroh : 185). Jadi, tidak perlu ada lagi kebimbangan didalam diri kita dikala menghadapi kesulitan. Karena sesungguhnya dibalik kesulitan itu telah Allah selipkan berbagai kemudahan. Maka berdoalah dan memohonlah selalu kepada Allah agar anda selalu mendapati kemudahan dalam segala urusan anda. Dan tentu, tidak lupa dengan adanya usaha maksimal dari diri anda sendiri.
Adanya kesulitan adalah dikarenakan 3 faktor; Yang pertama yaitu ; diri anda sendiri; terkadang anda terlalu mempersulit sesuatu yang sebenarnya itu adalah mudah bagi anda. Yang kedua ; cara anda; terkadang anda hanya puas dengan satu cara ketika hendak mengerjakan sesuatu yang sulit, sehingga kesulitan itu bertambah sulit. Padahal jikalau anda mencoba dengan cara-cara yang lain, maka kemudahan akan cepat didapat. Yang ketiga yaitu ; lupa akan pertolongan Allah; orang yang lupa akan pertolongan Allah menandakan bahwa ia adalah orang yang sombong, sedang orang yang sombong adalah orang yang enggan berdoa dan memohon kepada Allah. Padahal ciri orang yang bertakwa adalah yang senantiasa berdoa mengharap pertolongan serta kemudahan dari Allah subhanahu wa ta’ala Yang Maha Memudahkan segala urusan manusia. Wallahu a’lam. 

Tidak ada komentar: