Selasa, 19 November 2013

Berlemah Lembutlah!

Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda;
“Wahai ‘Aisyah!, sesungguhnya Allah itu Maha Lembut, dan mencintai kelembutan. Allah memberi (keistimewaan) pada sifat lembut yang mana itu tidak diberikan pada sifat kasar, dan tidak pula diberikan pada sifat selainnya” (HR. Muslim)

“Barangsiapa yang memiliki bagian dari sifat lembut, maka dia telah mendapat kebaikan. Dan barangsiapa yang terhalang dari sifat lembut, maka dia terhalang dari kebaikan. Tidak ada yang paling berat timbangannya pada hari kiamat selain akhlak yang baik. Dan sesungguhnya Allah sangat membenci orang yang keji dan buruk akhlaknya” (Hadis Shohih Imam Ahmad dan Muslim)

“Sayangilah siapa yang ada di bumi, maka yang ada di langit akan menyayangimu” (at Tirmidzi)

“Karena rahmat dari Allah lah kamu dapat berlemah lembut kepada mereka. Kalau sekiranya kamu bersikap kasar dan keras hati, maka sungguh mereka akan berlari meninggalkanmu. Maka maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampun untuk mereka dan bermusyawarahlah dalam setiap urusan. Dan apabila kamu sudah ber’azam, maka bertawakkal-lah kepada Allah. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertawakkal” (Ali Imron : 159)

“Tinggalkanlah kalimat yang baik di dalam hati setiap orang yang kamu temui. Karena kamu tidak tahu, barangkali kalimat itu membuat baik hati pemiliknya”

“Zaman ini adalah zaman yang membutuhkan kelembutan, kesabaran, dan kebijaksanaan. Maka janganlah bersikap kasar dan keras. Karena sesungguhnya banyak manusia yang masih terjebak dalam kejahilan, kelalaian, dan lebih mengutamakan dunia. Maka berlemah lembutlah dan bersabarlah!. Sehingga manusia bisa menerima dakwah dan mereka pun akan mengerti Insya Allah”

Tidak ada komentar: